Selasa, 25 November 2014

Cool places in hot city Surabaya

Ini anomali ni: Aku kangen Surabaya ._. Demi apaaaa coba. Hahaaa...

But well begitulah adanya. Surabaya. Meski ini bulan November, dimana udah musim ujan, di Surabaya we still need a cooler, fan or whateverthing yang bisa memproduksi angin atau udara dingin. Jemuran yang cuma di taro di balkon juga tetep kering. Selimut juga tetep ga kepake. Heuheu.

Tapiya. Ada beberapa tempat yang cool dan nggak kayak lagi di Surabaya kalau kamu kesini. Yaitu adalah mall. Hahah. Nggak ding. Ya mall mah emang dingin dan di Surabaya ada banyak. Tapi nggak alami. Yang berikut ini cool dalam arti keren, berangin, nyaman dan homy gitu.

Pertama adalah: Kampung Ilmu. Ada di Jl. Semarang dekat stasiun pasar turi. Ini adalah surganya buku-buku murah. Konon ceritanya banyak loakan buku bekas gitu di pinggir jalan. Terus sekarang masih gitu sih. Tapi ada satu tempat yang dibangun khusus untuk berkumpulnya para pedagang itu di satu lokasi.

Kios-kios berjajar di sekeliling komplek. Kayak pasar buku. Ditengahnya ada pendopo untuk berbagai kegiatan dan warung makanan. Ada wifi-nya. Ada juga ruang sekretariat di dekat pintu masuk sebelah kanan. Mushola kecil ples kamar mandi dan tempat wudhu ada di dekat tangga besi. Tangga besi ini akan menghubungkanmu dengan semacam balkon luas diatas yang lantainya terbuat dari kayu atau lembaran besi gitu, lupa. Dan hanya dipasangi pagar besi pada sepanjang tepian balkonnya bersambung dengan pegangan di pinggiran tangga. Pas sampai diatas, ternyata ada dua bangunan semi permanen yang sepertinya nyambung sama bangunan di bawahnya. Bangunan diatas ini berfungsi sebagai aula dan perpustakaan. Dua ruangan ini sudah tidak difungsikan dan kurang terawat.

Yang bikin cool nya apa dong? Haaa... Jadi kompleks ini dinaungi oleh rerimbunan daun dari pohon yang guedeeee pisan. Batangnya udah gabisa dipeluk sama orang dewasa. Udah gitu kombinasi bentuk batang, kulit kayu yang item, lekukan ranting dan daun-daunnya yang kecil tapi banyak bikin suasana jadi eksotis dramatis. Jadi, dengan daun-daun yang kecil itu berkas sinar matahari jadi indah. Terang tapi teduh. Kerennya lagi saking bongsornya ni pohon sampe tembus ke balkon atas ituuu... Jadi di atas pun teduh. Malah tambah sejuk karna jarak dengan dedaunannya yang lebih dekat. Tergapai sama tangan tapi nggak bikin orang harus merunduk saat lewat di bawahnya. Saking kerennya buat backround foto pasca wedding bisa banget nih. Aku udah nyoba, tapi sendirian :3

Masih di kampung ilmu. Disini kamu bisa dapet buku murah bahkan sampai 1/4 nya. Murah-murah gitu bukan berarti bajakan looo... Ya yang bajakan juga banyak, tapi banyak juga yang asli. Entah itu bekas, sortiran atau buku lawas. Bisa ditawar juga.

Aku kesini beberapa kali. Selalu sama jul. Dan selalu lupa waktu dan kalap belanjanya. Oya, kios yang diluar juga banyak. Berjejer-jejer sammmpe ke stasiun pasar turi. Kalo ke Surabaya main-mainlah kesana.

Kedua. Kolam renang Al-Hikmah. Namanya kolam renang ya dinginlaaah. Makanya masuk ke kategori "cool place". Ada di SMA IT Al-Hikmah tepatnya Al-Hikmah sport center. Di lantai satu. Karna lantai duanya lapangan badminton. Disini di kolam renang ini, kamu jungkir balik di dalemnya juga ga bakal keringetan. Haaaa... Tapi agak mahal cui. Entah karna kita sewa eksklusip buat akhwat atau emang udah tarif. Jadi sekali masuk 20 apa 25 rebu gitu. Padahal biasanya di Jogja cuma 7rebu. Fasilitas dan kualitas beda sih emang. Heuheu.

Ketiga: KenPark alias Kenjeran Park. Ini taman hiburannya pantai kenjeran. Cool karena luasss, banyak pohonnya dan relatif sepi pengunjung. Atau kamu bisa cari sudut yang gaada orangnya. Banyak suvenir murah-murah, makanan juga terjangkau. Dan namanya juga pantai, jadi banyak angin. Teduh. Plesnya lagi, lokasi ini deket banget sama pusat kota.

Keempat: Perpustakaan Bank Indonesia di jalan raya Darmo. Aslinya belum pernah berhasil masuk sini. Tapi dari luar aja tempat ini homyyyyy banget.

Masjid Al-Falah wa bil khusus lantai dua. Ini tempat sholat khusus akhwat. Kamar mandi dan tempat wudhu juga disitu tinggal melangkah manis. Dari situ juga tetep bisa liat dan dengerin kajian yang ada di bawah tanpa harus jaim. Mau glosoran kek, apa kek.. Santai aja. Tapi marbotnya tegas banget. Kalo ada yang tidur di oprak2 haghag.

Kelima: Warung pojokan jembatan prapen, Jl. Nginden. Haaaaags... Aslinya cuma sekali kesini tapi berjam-jam ga pulang-pulang. Selain kebanyakan cerita, tempatnya emang cozy. Dulu ini gatau warung apa, tapi pokoknya gak se cozy yang sekarang. Kalau sekarang ini warung mi jawa gitu. Ada nasi goreng dan magelangan juga, kalau di SBY namanya mawut. Daaaan sukanya, nasi gorengnya ala jogja yang bumbunya racik sendiri. Bukan asal campur saos sama kecap ples micin. Di pojokan ada pohon yang menaungi meja kursi di bawahnya. Karna di pinggir jalan jadi agak bising sebenarnya, tapi they don't care us anyway. Haha. Trus inikan deket sama kali jagir yang lumayan gede itu dan aku selalu suka ngeliatin sunset di kali jagir sore2 pas pulang kerja. Jadiiii, jadi gak ada hubungannya sebenernya.

Akkkk pengen ngasih foto tapi fotonya di HD ext. Dan aku ngetik ini di hape pfffffftttt...

Share:

0 komentar:

Posting Komentar