Kamis, 26 Juni 2014

#CanonPowerShootA810 #Makro #Vegetasi #Merbabu

Yakkksss.. sampe dibikin postingan sendiri khususon buat aplot foto-foto. Foto yang kalau nggak dikasih keterangan "Diambil di Merbabu", nggak bakal ketauan itu diambil dimana. Ya ya, aku tu kalau pergi ke gunung, ke laut, ke kebon, kemana-mana nggak bisa nggak ngamatin taneman. So, here it is..

Edelwise
Innniiii.. bunga gunung. Edelwise. Aku nggak tau, selain di Merbabu bisa nemu dia dimana lagi. Karena gunung yang pernah kunaiki cuma dua. Merbabu Merapi. Di Merapi dia nggak ada. 

Ni ya, waktu aku mau berangkat ke Merbabu kemaren, Adekku yang selalu keliatan sibuk itu nelpon. Sok-sok khawatir eMbaknya mau naik, katanya denger2 dari temen naik gunung tu serem, bahaya. Nyuruh hati2 dan minta bawain Edelwise. Gue bilang kagak boleh tu bunga di petik-petik. Dilarang. Eee dia ga percaya. 

Pas turun, aku coba2 ngelaksanain misi itu. Ni bunga segini banyak masak gaboleh si dipetik dikit aja. Baru kuliat-liat kelopaknya yang mana yang lebih mekar sambil pegang tangkainya gue udah diceramahin pendaki yang lagi pungutin sampah botol. Aku bilang aja aku cuma lagi ngamatin. Tapi entah kenapa ya, pengen tetep coba. Kayaknya karna pengaruh Kakak baik yang selalu pengen bisa nurutin adeknya hwaaa... Terus di percobaan selanjutnya itu yang ingerin temen sendiri. Ga jadi lagi. Parahnya pas jalan2 dan gue pegang bunga lain, aku jadi diingetin jugag. Waaaaa... berasa kaya kleptomania diawasin ginniii... Wong tadi pagi aku sampe berjam-jam fotoin tu edelwise dan melakukan hal lain disana ga ada yang curiga. Kenapa nggak gue petik pas itu ajjaaa... haaa.. bener2 otak kriminal.

Cerita belum berakhir. Aku kan pas turun bawa tongkat kayak nenek sihir, pas menyibak-nyibak semak, eh ada segerombolan edelwise yang udah dipotong. Udah kering daunnya. Aku ambillah. Kan aku nggak metik. Tetep dimarahin coba sama mereka. Eng ngngng nggak marah sih. Cuma nyeramahin. Aku bilang, ini kan udah kering dan aku nggak metik. Kata mereka: Yaudah dimasukin tas aja, soalnya ntar kalau keliatan pendaki lain bisa dilaporin dan kena denda. Waaa,, seserius itu? bathinku. Trus kata yang lain: Maklumlah pencinta alam baru. Glek!! Gue merasa buruk abis disitu. Kok gue kayak ngelakuin dosa guede banget. Tapi tetep dibawa tu edelwise. Hua curhatttttt... Yah, mungkin nanti aku aka mengerti. Mungkin dulu tu edelwise pernah sampe gundul dipetikin tiap orang yang naik gunung. Masuk akal sih. Emang jelek entar kalau banyak yang petikin. Dan banyak itu kan bermula dari satu. Heu. Makin merasa buruk.

*Tapi edelwise yang di Malioboro itu dari mana coba? haaa

Edelwise juga.
Trus nemu bunga yang mirip salah satu bunga kesukaanku. Krisan. Atau Aster ya? Whatever, aku yakin mereka satu family. Nggak tau spesies apa. Tapi ni bunga memang banyak spesiesnya. Dulu di kebun rumahku aja ada lebih dari 5 spesies.

Ini bunganya nemplok di tanah. Kayak nggak ada tangkainya
Yang ini ada tangkainya menjulang gitu. Lebih banyak kelopak dan putiknya.
Ini lebih kurusan. Trus entah itu apa hubungannya sama yang putih kayak dendalion.
Ini dendalion benerannn :)
Aku sebenernya curiga, dendalion itu bunga yang kering. Iya kan? Masak bunga mekar tautau gitu bentuknya. Dan sepertinya sebelumnya dia itu bunga kuning yang nomer dua diatas itu. Gitu kayaknya.

*gugling

Dan ternyata benar sodara-sodara. Dendalion itu dari bunga kuning tangkai panjag diatas. Nama latinnya  Taraxacum officinale. Dan bener juga dia masuk Family Asteraceae. Trusss bunga kuning kurusan yang sebelahnya ada bunga kering mirip dendalion itu beneran juga ternyata sering dikira Dendalion. Padahal dendalion palsu. Masih family Asteraceae. In English called "False Dendalion". Namanya catsears (Hypochaeris). Haa hipotesis sotoyku terbukti. Ni sumbernya: http://en.wikipedia.org/wiki/Taraxacum

Kalo ini jenis paku-pakuan gitu nggak sih. Yang suka ada di sumur. Di pinggir kali. Di parit. Di kamar mandi juga suka ada. Pokoknya daerah lembab-lembab. Kuperhatikan, semakin lembab tempat itu tumbuhan ini ukurannya makin guede. Ini kalo di Merapi bisa segede-geda gajah. Daun yang udah terbuka sempurnanyanya bisa sebesar peahu getek nelayan. Guuuuuede boneng. Pas masih melungker gini ni dia very cute :">


Aku nggak tau bunga kuning satu ini bunga apa. Dan jepretanku nggak terlalu bagus sebenarnya. Hueeee
 
 

Matahari tertusuk ilalang :D
Ini juga nggak tau taneman apa. Jepretnya juga jelek.
Ini sepertinya parasit tanaman
Andddd,, this is one of my favorite picture. Ini ada di rerumputan di bawah. Ndak tau namanya. Aku suka karena efek embun yang membasahinya. Daunnya juga bagus heeee..





Haaa.. Udah. Thank you for watching :) Kapan2 aku potoin taneman di depan rumahku. Heee...
Share:

2 komentar:

  1. Haha... q juga pernah kom mbak... diceramahin abis abisan sama bang ayip. Padahal q gak metik. Cuma nemu edelweis jatuh. He... kata cah lawas. Cuma foto yg boleh kita ambil dari gunung mbak cantik..... karna terkadang, cinta tak harus memiliki :). Muach...

    BalasHapus
  2. Haha hiks iya. Yang boleh bawa sampah kali ya...

    BalasHapus