Sabtu, 08 Februari 2014

DarGung (Dadar Jagung)

Ternyata lidahku cukup cocok dengan masakan2 orang Jawa Timur. Nanti kalau sudah nggak di Surabaya lagi, aku akan sangat merindukan: Pecel, Tahu Tek, Tahu Campur, Pentol, dan juga ini Dadar Jagung. Haa sebenernya nggak tau juga sih yang terakhir disebut itu makanan mana. Cuma, aku emang baru nemu yaa di Surabaya ini. Emang mirip banget sama bakwan jagung, tapi beda. Dan ternyata cara buatnya pun beda. Syukurlah, karena teman kosku beberapa kali pernah mempraktekkan, sekarang aku juga bisa. Jadi nanti, dimanapun, kalau lagi pengen ini bisa buat sendiri. Resep kali ini tanpa foto.

Bahan-bahan (untuk sekitar 15 biji Dargung ukuran kecil):
1. Jagung manis 2 buah
2. Tepung terigu (menyesuaikan)
3. Telur
4. Bawang putih 3 biji
5. Bawang merah 1 biji
6. Cabai (sesuai selera)
7. Kunci 2 ruas jari
8. Garam

Cara membuat
1. Giling bawang putih, bawang merah, cabai, kunci, dan garam jadi satu sampai halus
2. Serut jagung manis langsung di layah (apa coba bahasa Indonesianya?), semacam tempat buat nguleg.
3. Giling jagung manis yang sudah di serut tersebut. Apakah nggilingnya sampai halus atau tidak, sesuai selera. Aku lebih suka kalau setengah halus, supaya masih terasa kalau itu jagung. Temanku yang mengajari resep ini lebih suka kalau sampai halus.
4. Campur dengan tepung terigu juga sesuai selera. Sedemikian sehingga tercipta komposisi seimbang antara jagung dan tepung.
5. Tambahkan telur. Jika stok telur di dapurmu habis dan entah karena alasan apa kamu tidak bisa membelinya, telur tidak terlalu wajib untuk ditambahkan.
6. Jika adonan masih terlalu kaku karena jagung mengeluarkan sedikit air atau karena terigu kebanyakan, bisa ditambah air secukupnya.
7. Goreng di minyak yang sudah di panaskan sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan.
8. Selamat menikmati.

*tambahan tips. Jika kamu tidak menemukan jagung manis, bisa diganti dengan jagung biasa dengan penambahan gula secukupnya pada adonan. Oya bisa juga ditambah seledri untuk mempermanis penampilan dan memperkaya rasa :)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar