Minggu, 15 Juli 2012

Pusing mikirin negara!!


Kurang lebih semingguan ini saya terpikirkan, bagaimanakah pemimpin Indonesia seharusnya? Bukan karena mau pilpres atau apa.. hanya saja, saya yang merasa untuk memimpin kos-kosan berisi 8 orang saja susah sekali! Memimpin Negara? Hmmm.. apalagi ini negaranya Indonesia, yang kalo batu tu batunya konglomerat, kalau permen rasanya nano-nano, kalau hutan tu hutannya hujan tropis, kalau gejala alam tu pelangi… Bahkan kalau pelangi itu hanya 7 warna, maka Indonesia ada lebih banyak warna plus gradasi-gradasinya yang juga berbeda.

Menurut  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikutip Antaranews, jumlah pulau di Indonesia sekitar 13.000 pulau yang menyebar dari Sabang hingga Merauke. Jumlah suku bangsa 1.128, menurut BPS. Belum lagi agama, isu paling rasis di Negara ini. Islam yang alirannya saja ratusan, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Kongucu dan mungkin sebentar lagi ada Yahudi yang diakui heee..
Hampir tidak ada, atau mungkin memang tidak ada sama sekali pemimpin Indonesia yang landingnya mulus. Semua dikudeta. Kalaupun ada yang paling baik dari yang buruk yaaaa.. presiden yang sekarang: SBY. Setidaknya ini sudah menjelang 2 tahun dari akhir kepemimpinannya di periode kedua. Sudah 8 tahun. Terpilih dari sistem yang katanya sudah diatur sedemokratis mungkin. Artinya, masa dimana semua orang berhak menyampaikan suaranya sebebas-bebasnya.

Pak.Karno: dikudeta karena pencalonannya sebagai presiden seumur hidup
Pak.Harto: dikudeta karena KKN dan strategi pemitesan orang atau kelompok yang tidak disuakainya.
Pak.Habibi: tidak dikudeta, hanya menggantikan di masa transisi
Gus.Dur: dikudeta karena dianggap tidak becus.
Megawati: lupa saya, dia dikudeta atau memang habis masa jabatannya? Yang pasti, di masa penghabisan sisa presiden sebelumnya, masyarakat tak mau memilihnya lagi.
SBY: habis masa jabatannya dan terpilih kembali.

Namun, semakin tidak mulus landingnya, semakin terlihat kontroversinya, juga prestasinya yang melekat. Siapa yang tidak tau Pak.Karno, saat dipimpinnya, Indonesia adalah Negara yang diperhitungkan dan disegani Negara lain. Namanya dikenal di kancah perpolitikan dunia pada masanya. Seperti Ahmadinejad di masa sekarang. Pak.Harto, setidaknya dia pernah membawa Indonesia mencapai swasembada pangan (itu saja yang saya ingat). Habibi, apa ya? Gus Dur, yang paling saya ingat adalah meliburkan siswa saat puasa he he.. Megawati, melepaskan Timor Leste (Loh, ini prestasi ya?) dan SBY, presdien yang di masa kepemimpinannya banyak terjadi bencana alam hee. Maksud saya, saya belum menemukan kata kunci yang terkait dengan presiden SBY.

Huah, lalu bagaimanakan pemimpin Indonesia seharunya?

Mungkin salah satu dari orang ini suatu saat jadi presiden =)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar