Sabtu, 28 April 2012

Ekonomi Islam? Note #1


Kegiatanku saat ini menuntutku untuk bisa memahami setidaknya tentang mikroekonomi. Tapi alih-alih belajar ekonomi beneran, aku malah langsung nge-link ke ekonomi islam. Beli buku Dasar-dasar Ekonomi Islam karya M. Nur Rianto Al-Arif, terbitan Era Adicitra Intermedia.
Soal ekonomi biasa, atau ekonomi konvensional, aku juga tidak tau banyak. Hanya beberapa teori saat duduk di SMP dan SMA. Bahkan, kenapa ekonomi konvensional menjadi mengancam, aku pun tidak tau alasannya kenapa. Memang secara mudah dikatakan bahwa ekonomi konvensional yang kapitalis itu hanya memperkaya segelintir orang, lebih tepatnya pemilik modal. Kenapa begitu? Aku juga tidak tau. Trus pas ada krisis ekonomi yang katanya karena sistem ekonominya sendiri yang menjadikan demikian, kurasa penjelasannya tidak bisa sederhana. Selama ini, aku tidak juga berusaha mencari penjelasan.
Nah, bagiku ini sebuah keuntungan dan aku memilih untuk mengambil sudut pandang demikian. Sudut pandang orang yang tidak paham mengenai ekonomi dan langsung belajar mengenai ekonomi islam kurasa akan lebih menyederhanakan masalah. Jadi aku berangkat dari ketidakpahaman akan satu hal dan langsung mempelajari pembandingnya. Mungkin sudut pandang yang demikian akan lebih “murni”. Jadi tidak ada studi komparasi disana. Aku hanya tau satu, dan itu yang benar. That’s good.
Aku beranjak dari ketidakmengertian akan sebuah makna
Kan kueja satu-satu secara natural
Kan kubaca dua-dua agar bersinambungan
Dan sambil menjala, kuharap kudapati kebenarnnya =)
Share:

1 komentar: